Bacaan Niat Shalat Fardhu Arab dan Artinya

Shalat Fardhu 5 waktu hukumnya wajib dijalankan oleh setiap muslim beragama islam, kewajiban Sholat Fardhu termasuk dalam Rukun Islam yang ke 2 dalam agama islam. Sholat wajib fardhu 5 waktu yaitu Sholat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib dan Isya harus dikerjakan dan didirikan setiap harinya, dan untuk hari Jum'at bagi pria wajib mengikuti sholat Jum'at (tanpa perlu sholat zuhur).

 waktu hukumnya wajib dijalankan oleh setiap muslim beragama islam Bacaan Niat Shalat Fardhu Arab dan Artinya

Menjalankan sholat wajib 5 waktu dalam ilmu agama islam dijelaskan harus memenuhi syarat dan rukun sholat yang salah satunya sudah memasuki waktu doa sesudah mendengar adzan) dan dalam menjalankan sholat tersebut didahului dengan niat sholat sesuai waktunya. Maka dari itu untuk belajar islam mengawali pembahasan sholat, akan diberikan bacaan niat sholat fardhu bahasa arab dan artinya dalam bahasa Indonesia semoga sanggup membaca dan memahami makna yang terkandung dalam niat tersebut.

Bacaan niat sholat fardhu merupakan salah satu rukun sholat, cara melaksanakan niat sholat ialah melakukannya dalam hati tanpa perlu diucapkan, namun sebagian ulama memperbolehkan pengucapan niat dengan verbal untuk membantu kemantapan niat dalam hati (pengucapan dengan verbal sebaiknya dihindari jikalau hati sudah mantap).
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Semua amal tergantung pada niatnya dan setiap orang akan menerima (balasan) sesuai dengan niatnya.” (HR. Bukhari, Muslim)

Namun perlu diperhatikan ketika pengucapan niat sholat tidak perlu keras apalagi hingga mengganggu orang lain dan paling parah ialah pengucapan niat sholat lebih keras dari imam, hal ini tidak diperbolehkan!

Menjalan ibadah sholat perlunya niat dalam hati sesuai sholat yang dikerjakan dan menghadap arah kiblat dengan tujuan mengharap Ridho Tuhan Ta'ala. Para ulama setuju untuk menawarkan rujukan niat sholat fardhu, berikut ini yang sanggup dipakai untuk niat sholat fardhu alasannya ialah Tuhan Ta'ala.


Niat shalat subuh

اُصَلِّيْ فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Fardlosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melaksanakan shalat fardu subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, alasannya ialah Tuhan ta'ala.

Niat Shalat Dzuhur

اُاُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Fardlozh zhuhri arba'a roka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melaksanakan shalat fardu zuhur 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, alasannya ialah Tuhan ta'ala.

Niat Shalat Ashar

اُصَلِّيْ فَرْضَ اْلَعَصْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Fardlol 'ashri arba'a roka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melaksanakan shalat fardu ashar 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, alasannya ialah Tuhan ta'ala.

Niat Shalat Maghrib

اُصَلِّيْ فَرْضَ اْلْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Fardlol maghribi tsalaatsa roka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melaksanakan shalat fardu maghrib 3 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, alasannya ialah Tuhan ta'ala.

Niat Shalat Isya

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Fardlol 'isyaa-i arba'a roka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melaksanakan shalat fardu isya 4 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, alasannya ialah Tuhan ta'ala.

Niat Shalat Jum'at

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya : Aku niat melaksanakan shalat jum'at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, ketika ini, menjadi mamum, alasannya ialah Tuhan ta'ala.

Mari menjalankan ibadah Shalat fardhu setiap harinya dengan tujuan hidup mencari ridho Tuhan Ta'ala yang mempunyai nama-nama yang baik dan indah lagi mulia dalam asmaul husna. Kerjakan ibadah Sholat dengan cara yang baik dan benar sesuai tuntunan syariat islam, semoga kita semuanya digolongkan menjadi orang yang beriman dan bertakwa dengan sebenar-benarnya, amin.