Pengertian Qana'ah dan Keuntungan Memiliki Sifat Qana'ah

Qana'ah ialah kata sifat, makna Pengertian Qana'ah sebagai kata sifat dalam arti mendapatkan apa adanya yang mempunyai makna ia mendapatkan semua yang telah diberikan oleh Tuhan kepadanya cukup dan tidak pernah meminta lebih dan sanggup mensyukuri nikmatnya ketika senang maupun susah. Dalam sifat ini seseorang sanggup dijauhkan dari perilaku rakus, dan ketidakpuasan.

 sebagai kata sifat dalam arti mendapatkan apa adanya yang mempunyai makna ia mendapatkan semua  Pengertian Qana'ah dan Keuntungan Memiliki Sifat Qana'ah

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ, ورُزِقَ كَفَافًا, وَقَنَّعَهُ اللَّهُ بِمَا آتَاهُ
Dari Abdullah bin Umar r.a bahwa Rasulullah saw. bersabda : sungguh beruntung orang yang masuk islam dan rezekinya cukup, kemudian merasa cukup dengan apa yang telah diberikan Tuhan kepadanya." (H.R Muslim)
Ini mempunyai makna bahwa orang yang sudah berada di dalam agama islam dengan menjalankan semua rukun islam maupun rukun iman dan aneka macam perbuatan yang di ridhoi Allah, kemudian ia selalu mendapatkan dan mensyukuri apa yang telah diberikan kepadanya, maka ia ialah orang yang sangat beruntung dan akan selalu diberikan kebahagiaan oleh Tuhan Swt. .

Sifat Qana'ah tidak akan ada habisnya terdapat di muka bumi ini. Dan orang yang mempunyai sifat ini akan lebih banyak disenangi orang lain. Orang yang mempunyai sifat Qana'ah Bukan berarti hanya membisu dan menunggu derma orang lain atau menunggu diberikan rezeki oleh Allah. Sifat Qana'ah mempunyai banyak fungsi dan laba bagi orang yang memilikinya, Seperti : 
  1. Menyadarkan kita Bahwa hidup ini sudah diatur oleh Tuhan swt.
  2. Lebih terpelajar dalam hal menerimadan bersyukur atas apa yang dilimpahkannya.
  3. Menambah keimanan kepada Tuhan dan Ibadahnya.
  4. Terhindar dari sifat takabur, angkuh, dan tamak
  5. Mendapatkan ridha dari Tuhan swt.
Orang yang tidak mempunyai sifat Qana'ah akan dihindari atau bahkan ditinggalkan dari orang-orang disekitarnya dalam hal pergaulan atau dalam hal sosial. Mereka tidak akan pernah merasa puas dan bersyukur atas apa yang dimilikinya.
Dari Anas bin malikbahwa Rasulullah saw. bersabda: Seandainya anak adam mempunyai 2 ladang emas, tentu ia akan mencari yang ketiga, dan tidak ada yang menciptakan penuh perut anak adam kecuali tanah (mati). Dan Tuhan akan mendapatkan taubat orang yang benar-benar bertaubat.
Perilaku yang ibarat ini tidak sepatutnya untuk dilakukan, kita sebagai umat insan harus bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan swt. semoga terhindar dari sifat takabur dan sebagainya. Sahabat pengunjung belajar islam yang ingin mempunyai sifat Qana'ah sanggup lebih ditingkatkan dengan cara beribadah, shalat, berdzikir, dan memohon kepada Tuhan semoga terhindar dari sifat sifat tercela.