Pengertian Agama Islam Secara Bahasa dan Istilah Islam

Secara bahasa pengertian islam bermakna berserah diri, tunduk, patuh dan ta'at. Maksudnya mengenai kalimat tersebut yaitu kepatuhan dan ketundukan yang ditunjukkan kepada Yang Mahakuasa SWT.

Definisi islam berdasarkan Muhammad bin Abdul Wahab yaitu Menyerahkan diri kepada Yang Mahakuasa dengan mentauhidkan-Nya tunduk kepada-Nya dengan penuh ketaatan dan berlepas diri dari kesyirikan dan orang-orang musyrik.

 Maksudnya mengenai kalimat tersebut yaitu kepatuhan dan ketundukan yang ditunjukkan kepad Pengertian Agama Islam Secara Bahasa dan Istilah Islam
Islam merupakan agama yang Yang Mahakuasa turunkan kepada semua Rasul-Nya dari semenjak Rasul pertama sampai yang terakhir, semoga ia menjadi rahmat bagi seluruh makhluk alam ini. 
Islam tiba dalam bentuk konsep, aturan, undang-undang, prinsip serta ideologi yang harus diberlakukan kepada setiap insan semoga insan meraih kebahagiaan hidup didunia dan di akhirat.

Secara Istilah pengertian islam lebih luas dari apa yang didefinisikan oleh para ulama. Yang demikian itu alasannya adanya hadits Rasullah SAW yang menjelaskan makna Islam, diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

  • Islam adalah engkau bersyahadat bahu-membahu tiada illah melainkan Yang Mahakuasa dan bahu-membahu Nabi Muhammad yaitu utusan Allah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, melakukan shaum dibulan Ramadhan dan pergi Haji ke baitullah bila mampu. ( Potongan hadits Jibril yang diriwayatkan oleh Muslim)
  • Islam itu mempunyai delapan saham; Islam itu sendiri merupakan saham, shalat juga termasuk saham, zakat yaitu saham, shaum yaitu saham, Haji termasuk saham, amar ma'ruf termasuk saham, nahi munkar termasuk saham, berjihad termasuk saham, maka celakalah orang yangn tidak mempunyai saham itu. (HR. Al Bazzar)